Internship PT. McDermott Indonesia

Hallo, guys! Cerita ini sedikit terlambat sih, tapi memang butuh super mood buat nulis n then share cerita ini.

Gue KP (Kerja Praktek) selama 4 bulan di PT. McDermott Indonesia, di Batam. So many things yang bisa gue pelajari disini, selain ketemu cowo ganteng yaa! *ga ada yang ganteng kaya oppa minho kok, hehe


Sebenarnya, engga boleh ngetake photo dimanapun, gue ngetake diem-diem nih, waktu ikut senior ke lapangan hehe

Oh ya, firstly gue bakal kenalin anything abt PTMI (it means PT. McDermott Indonesia), PTMI merupakan salah satu anak perusahaan dari McDermott Incorporated.  McDermott Incorporate merupakan perusahaan yang menyediakan solusi pengembangan lapangan lepas pantai, sedangkan McDermott Indonesia adalah subsidiary dari J. Ray McDermott USA yang berdiri pada tahun 1920. McDermott Indonesia telah beroperasi di Pulau Batam sejak tahun 1970. Bidang kerja PT. McDermott Indonesia jasa konstruksi minyak lepas pantai dimana di dalamnya ada 5 sub-bidang yaitu: management proyek, Engineering / rekayasa, Fabrikasi merupakan lokasi kerja untuk melakukan kegiatan produksi dan dapat di lihat pada gambar 2.1, Pengadaan Material, Instalasi Lepas Pantai. Hv u imagine that hw big this company, huh?

Well, cerita dari awal ya hehe. Dimulai dari hw to apply the internship proposal for PTMI. Gue punya beberapa tips yang bisa kalian lakuin if u wanna get internship there. Karena, yang masukin proposal magang disini engga sedikit wakkk, rame banget. Coba ajadeh searching, pasti kampus ternama n mempunyai prestasi yang bisa lolos seleksi internship di perusahaan ini. Okay, here the way u hv to do:
1.      Pastikan info mengenai penerimaan mahasiswa internship di PTMI, like usual perusahaan ini mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika kita akan mulai meng-apply intern proposal, diantaranya:
ü  Yang pertama banget nih, ajukan permohonan surat pengantar KP dari kampus lo, as always kalau buat surat-surat kan pasti butuh beberapa lama gitu kan ya? Nah, gue saranin lo urus dulu surat pengantar KP dari kampus lo yang bakal dikasih ke perusahaan. Waktu itu surat pengantar KP gue selesai dalam jangka waktu 2 minggu kalau tidak salah. Soalnya harus mengumpulkan banyak permohonan pengantar dari banyak mahasiswa terlebih dahulu. Nah selagi lo nunggu surat pengantar KP ini ‘terbit’ dari kampus, lo bisa sambil ngelengkapin syart-syarat yang lainnya.
ü  Proposal à diproposal ini, usahakan untuk menceritakan kenapa kita menginginkan melakukan intern di PTMI, my advice sih hindari kalimat ‘memenuhi persyaratan kampus untuk menyelesaikan XXX *sekian SKS atau untuk persyaratan wisuda, dsb yang sejenis’. Logika dong, kita melakukan kegiatan intern bukan hanya karena itu prosedur dari kampus, faktanya lebih karena kita butuh pengalaman ataupun gambaran seperti apa mengimplementasikan ilmu yang udah lo pelajari selama ini di kampus untuk diterapkan di lapangan.
ü  CV à u know wht s the CV. Yaap, buatlah CV (Curiculum Vitae) semenarik mungkin, ohya cantumin aja semua kemampuan yang lo punya, misalkan nih: berbagai macam bahasa yang lo bisa, kegiatan organisasi atau semacamnya yang pernah lo ikutin, kemampuan secara akademik yang bisa lo lakuin (karena gue jurusan SI, yaa gue bilang bahasa pemrograman yang sudah gue pelajari, dsb). Oh ya, di CV, gue engga mencantumkan hal yang engga penting dan termasuk dikategori lampau, misalkan nih lulusan SD/SMP/SMA mana -__- jst wasting time ngetype daftar sekolah lo yang engga dibutuhkan. Cukup mencatumkan lo berasal dari kampus mana, jurusan apa, dsb.
ü  Transkrip akademik à jangan lupa juga minta transkrip akademik *nilai IP minimal yang diminta sih 2,75. Ohya, kalau dari awal lo udah berniat melakukan intern di PTMI, belajar yang giat ya! Jangan sampe IP lo dikalahin sama calon-calon intern yang lainnya.
ü  Kartu asuransi à lo mesti punya kartu asuransi yang bakal ngejamin kesehatan lo waktu lo sakit. PTMI begitu mengutamakan keselamatan, ‘every person in the facility goes home safely to his/her family and friends t the end of every shift, every day’. Kalimat ini terpampang besar di beberapa tempat karena memang, safety first. Engga berharap sakit atau terjadi accident sih, cuma engga ada salahnya sedia payung sebelum hujan, right?
ü  Rekening Mandiri à yaakk! Bagian ini yang paling buat girang! Walaupun intern, lo bakal tetep diupah kok hehe. Lumayan kaan 4 bulan engga minta uang beli chiki dari ortu :p
2.      Umm sebenarnya, tips yang kedua ini gue kurang tau sih, tapi memang rata-rata yang gue temuin mereka yang intern di perusahaan ini pasti karena ada orang dalam alias punya ortu/saudara/dsb yang bekerja di PTMI. Jadi usahakan lo punya kenalan atau kerabat dekat yang bakal nyerahin persyaratan lo buat magang di PTMI. Saran gue kalau memang tidak mempunyai kenalan untuk melakukan intern di PTMI, lo mesti pantau tuh HRD yang menerima mahasiswa magang, kalau bisa di hubungin (calling) setiap 2 minggu sekali buat tau perkembangan lo diterima atau engga. Agak ngedesak sih kesannya, tapi kan buat mastiin lo diterima atau engga.
3.      Apply intern proposal yang udah lo siapin minimal 6 bulan sebelum lo mulai KP, atau maksimal 3 bulan sebelum lo KP. Lo bayangin ajadeh, 6 bulan sebelum KP aja nunggu balesannya 1 bulan sebelum lo KP. So long time, huh? Tapi yaa gimana lagi kan? Ngantri wakk yang mau intern di perusahaan ini fiuhh.
Okay next! Ini cerita dimulainya intern di PTMI.
5-6 September 2016
1st day gue, Nira, Wulan, dan Indah ikut Safety n Quality Induction


haha gue jadi relawan fire extinguisher XOXO

Tanggal 5 September 2016, hari pertama gue ngikutin safety n quality induction di PTMI. Diruangan induction, wahh daebak! Isinya para lelaki semua, semua bro! Terkejut sih, luar biasa. N mereka itu para pekerja, bukan mahasiswa intern like me. Lo bayangin aja lo sekelas dengan pekerja *ada yang bapak-bapak, ada yang om-om. Wahh riweh banget, waktu dijelasin setiap slide, mereka bakal adu mulut wakk. Ribut, dijelasinnya egga cukup sekali/dua kali, mesti berkali-kali haha, lucu sih. Induction day dilakukan selama dua hari, 5-6 September 2016. Selama dua hari inilah gue ketemu dengan pekerja-pekerja yang riweh *but they cute :p jadi, selama di kelas lo bakal ngerasain overdoze ketawa karena berbagai macam ulah mereka hehe. Ohya, di induction class, kalian bakal di intro soal safety n quality yang diterapkan di PTMI, termasuk soal fire extinguisher. Haha gue kerempongan waktu disuruh jadi volunteer untuk menggunakan fire extinguisher ini, tapi seru sih.
7 September 2016
Finally! Induction days r end! Naaah hari ketiga, they r telling me that i will be placed at Quality Control Department, waah dan office QC Department ada di yard! Gue mesti pake coverall dan berbagai macam PPE lainnya sebagai syarat jika akan memasuki yard. Daebak! Imagine that hw the others will looking at me whn i wear coverall. Okay well setelah dikasih tau gue bakal ditempatin di department apa, firstly gue dibuatin id card dulu doong. Haha hw happy i m when i have an id card, not like student card (KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa).
Kak Tuti - Gue - Kak Lia

8 September  – 24 December 2016
Di QC Department, gue diajarin all abt CIR (Computerize Inspection Request) yang structural maupun piping. Jadi, setiap module yang sudah selesai dikerjakan (after fitting n welding process) akan dilakukan proses NDT (Non Distructure Test), berbagai macam NDT yang dilakukan seperti MPI, Visual, UT, dsb. Seluruh proses NDT yang telah dilaksanakan akan dicatat pada CIR. Di CIR ini, lo bakal nemuin data lengkap mengenai tiap module yang telah selesai dikerjakan, mulai dari siapa fitter/welder yang mengerjakan module tersebut, waktu pengetesan NDT, waktu pengerjaan dari tiap module, termasuk di area mana module tersebut dikerjakan. Intinya, hasil akhir dari CIR adalah report yang dapat dilihat pada PCM (Project Certification Module). Ohya, sistem PCM yang digunakan ini terpusat loh langsung dengan MDR (McDermott) yang ada diseluruh dunia. Daebak kan!! Di office, lo bisa ketemu banyak lead bule, dan lo mesti terbiasa speaking english so well. They will talking abt piping, joint welding, ISO drawing, or something like that.
Okay! Saatnya cerita soal conclusion ya. So many things that i can learn from this intern session.
a.       Kita mesti sadar nih, kalau kenal dan berinteraksi dengan banyak orang itu penting banget guys. Karena, kita kan makhluk sosial nih, butuh orang lain (walaupun engga sekarang, tapi next pasti butuh). Siapa tahu niih, selesai kuliah gue bisa capcusss deh working in there.
b.      Friendly! Yay true. U hv to be friendly with all people. Karena, kalau kita kelihatan friendly, semua orang dengan senangnya bisa temenan sama kita. Selama intern, gue bisa kenal sama sesama anak magang (Nira from BINUS Univ., Wulan n Indah from Politeknik Caltex Riau *they r my junior OMG!, Valo n Ferdi from ITS, Ingwi from Kartini Senior High School, n Bella *I forget from where school she is, sorry).
Nira - Wulan - Gue - Indah - Bella

Gue n Valo
Gue - Ferdi - Valo


c.       Guys, yang selanjutnya... pikirin bersama berdasarkan cerita gue sebelumnya aja deh ya *lagi males hehe.

C u on the next chap!

Komentar

  1. halo kak,saya ulan mahasiswa teknik elektro semester 5 mau tanya kontak HRD nya ada ga kak,kalau ada minta tolong dikirim ke email saya kak culanipeh23@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  2. Halo kak , saya mahasiswa teknik lingkungan usu .. Pas KP disana kak ada gak pengelolaan limbah padat, B3 maupun persampahan kak? Makasih kak..
    Ini email saya kak nadyamanurung8@gmail.com
    Balasnya melalui situ yaa kak

    BalasHapus
  3. Assalamu'alauikum hi kak,,kalau boleh tau kakak dari univ apa ? saya boleh minta no wa kk ? ada bberapa hal yang mau saya tanyakan,,kalau boleh kirimkan ke email saya ya kak khairunisahananda12@gmail.com
    terima kasih sebelumnya kak ^^

    BalasHapus
  4. Halo kak, perkenalkan saya enda mahasiswi teknik kimia semester 5. Ada bbrpa hal yang ingin saya tanyakan kpda kakak selama kp di PTMI. Jika kakak berkenan, mohon balas ke email saya endahfransiska14@gmail.com
    Mohon bantuannya kak, terimakasih banyak.

    BalasHapus
  5. Halo kak, perkenalkan saya enda mahasiswi teknik kimia semester 5. Ada bbrpa hal yang ingin saya tanyakan kpda kakak selama kp di PTMI. Jika kakak berkenan, mohon balas ke email saya endahfransiska14@gmail.com
    Mohon bantuannya kak, terimakasih banyak.

    BalasHapus
  6. Halo kak, perkenalkan saya enda mahasiswi teknik kimia semester 5. Ada bbrpa hal yang ingin saya tanyakan kpda kakak selama kp di PTMI. Jika kakak berkenan, mohon balas ke email saya endahfransiska14@gmail.com
    Mohon bantuannya kak, terimakasih banyak.

    BalasHapus
  7. halo kak,saya ulan mahasiswa teknik emesin semester 5 mau tanya kontak HRD nya ada ga kak,kalau ada minta tolong dikirim ke email saya kak sandy.siregar17r@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  8. cerita yang bagus, sangat membantu, inshaallah saya juga akan magang disana, walaupun sudah wisuda, tapi saya ingin mencoba magang disana.

    BalasHapus

  9. Halo kak, perkenalkan saya jeri mahasiswa semester 5 teknik industri, izin sebelunya kak, kalau kakak berkenan memberikan kontak hrd nya kepada saya , kalau ada tolong dikirim ke email saya ya kak : jeriwiratama@gmail.com, terimakasih kak sebelumnya

    BalasHapus
  10. kak saya ingin info lebih lanjut bagaimana proses yang kakak jalanin step by step

    BalasHapus
  11. Halo kak, saya tertarik buat nyoba magang di PTMII, kalo kakak tidak keberatan bisa kirim kontak HRD PTMII ke email saya ya kak, ini email saya kak putriandriani1007@gmail.com
    Thankyouuu, have a nice day :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 great things for 21 yo!