Bahasa Indonesia Vs Bahasa Gaul (Chapter I)

              Peradaban Bahasa Indonesia Di Mata Dunia
          Kehidupan manusia dimuka bumi ini tidak pernah terlepas dari suatu bahasa, berawal dari ucapan dan tulisan yang mengarah kepada satu tujuan yaitu komunikasi. Secara menyeluruh bahasa merupakan aspek terpenting dalam berkomunikasi, tanpa bahasa manusia tidak akan bisa saling berkomunikasi dan bekerjasama. Bahasa Indonesia kini mengalami perkembangan yang sangat pesat karena banyaknya gaya bahasa yang digunakan oleh para muda mudi khususnya bahasa yang berkombinasi dengan bahasa gaul. Bahasa itu berkesinambungan dalam aspek ucapan maupun tulisan, hal yang paling pokok dalam memahami bahasa adalah mengerti dan memahami bahasa itu tersendiri, khususnya bahasa daerah yang telah banyak bercampur baur dengan bahasa Indonesia.
            Fakta menarik mengenai bahasa Indonesia, diantaranya  :
a.       Bahasa Indonesia menduduki peringkat ke-3 di Asia dan peringkat ke-26 di dunia dalam hal tata bahasa terumit didunia.
b.      Wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki peringkat ke-26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia, dan peringkat ke-3 di Asia setelah  bahasa Jepang dan Mandarin.
c.       Bahasa Indonesia menjadi bahasa ke-3 yang paling banyak digunakan dalam postingan blog di wordpress.
Maka, bukan hal yang mustahil jika suatu saat nanti bahasa Indonesia mampu menjadi bahasa yang ligat dalam menghadapi peradaban dunia. Hal ini terjadi dikarenakan, bila dikaji dari segi struktur dan pembacaan bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat mudah untuk dipelajari.   Faktanya, Australia yang akrab dikenal dengan  sebutan negeri wol menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran tambahan dan menduduki bahasa populer  keempat di negara itu. Tapi masih pantaskah jika rakyat Indonesia sendiri menyepelekan kaidah bahasa Indonesia dengan mencampur adukkan bahasa Indonesia dengan bahasa lain tanpa mengindahkan aturan yang berpedoman kepada penggunaan bahasa yang baik dan benar ?.

Cukup disayangkan, ketika zaman semakin maju dengan adanya efek globalisasi, bahasa Indonesia kini telah beradaptasi dan bertransformasi menjadi bahasa yang biasa  di sebut bahasa gaul. Nah, bahasa Indonesia yang menjadi gaul ini disebut mengalami kemajuan atau kemunduran ya ?. Ketika dunia mulai melirik tentang bahasa Indonesia, kita sebagai pemilik syah bahasa Indonesia sudah seharusnya menggunakan  bahasa Indonesia dengan berpedoman pada kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar agar tidak ada perselisihan dalam penggunaannya. Demi menyongsong maraknya arus globalisasi, semoga bahasa Indonesia yang ada pada saat ini akan mengalami penyempurnaan dengan adanya peradaban bahasa Indonesia di mata dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Internship PT. McDermott Indonesia

21 great things for 21 yo!